Maria Dalam Gereja Katolik

Begitu banyak pertanyaan tentang Maria. Berikut adalah sedikit rangkuman tentang bagaimana orang Katolik mengimani Maria.

a)      Tuhan Yesus sendiri pernah berkata, ”Hanya Allah boleh disembah.” Tetapi mengapa orang Katolik menyembah Maria? Apakah Maria itu sama dengan Allah?

  • Orang Katolik tidak menyembah Maria, tetapi hanya menghormatinya. Penghormatan kepada Maria dilakukan seperti kita menghormati orang tua kita. Yesus telah menyerahkan Ibu-Nya kepada murid-murid-Nya. “Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: “Ibu, inilah, anakmu!” Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.” (Yoh 19:26-27)

b)      Bukankah Yesus itu satu-satunya perantara? Mengapa kita harus melalui Maria lagi?

  • Maria dihormati oleh Gereja sebagai Bunda Gereja dan perantara kepada Yesus. St. Louis de Montfort berkata, “Per Mariam ad Jesum” (Melalui Maria, kepada Yesus) Maria adalah Ibu Yesus, tentu mereka memiliki hubungan akrab, Yesus pun tentu menghormati Ibunya.

c)      Bagaimana Gereja Katolik memandang Maria?

  • Maria adalah wanita pilihan Allah untuk mengandung, melahirkan dan membesarkan Yesus. Allah tidak mungkin sembarang memilih manusia. Tentu Allah sudah mempersiapkan Maria. Oleh sebab itu, Gereja Katolik juga percaya bahwa Maria dikandung tanpa noda dosa. Semasa hidupnya ia adalah gadis yang suci. Hingga wafatnya pun, ia memperoleh kemuliaan yang berbeda dari manusia biasa. Maria diangkat ke Surga.

d)      Apakah penghormatan kepada Maria ini terkesan berlebihan?

  • Hal ini tidaklah berlebihan karena Tuhan sendiri yang memilih Maria dan melakukan karya penyelamatan-Nya lewat gadis ini. St. Maximilian Kolbe berkata, “Never be afraid of loving the Blessed Virgin too much. You can never love her more than Jesus did.” (Jangan takut mencintai Maria berlebihan. Kita tidak dapat mencintainya lebih dari Yesus mencintainya.)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *